Ki Irwandi Yusuf Ketua Perguruan tinggi Taman Siswa (foto:forumsumbar) 

Padang(SUMBAR) Padang Terkini––Setelah dilantik menjadi Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) pada periode keduanya tahun 2019, H Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa, SIP, MH, berkunjung ke Perguruan Taman Siswa di Alai Padang.

Semenjak itulah, kemudian Leonardy Harmainy menjadi salah seorang Penasehat di Perguruan Taman Siswa Padang, dan melekat lah di depan namanya panggilan Ki.

Hal itu disampaikan Ketua Perguruan Taman Siswa Padang Ki Irwandi Yusuf saat menerima kunjungan silaturahmi Koordinator SALEH (Sahabat Leonardy Harmainy) Isa Kurniawan, di kantor Perguruan Taman Siswa Padang, Jumat (5/7). 

Pada kesempatan itu, Ki Irwandi Yusuf didampingi Ki Boiziardi, Ketua Senat Universitas Taman Siswa (Unitas).

“Panggilan Ki itu bukan panggilan sembarangan. Ia mempunyai sejarah panjang, kenapa di Taman Siswa melekat nama Ki, yakni untuk menghilangkan adanya diskriminasi dan strata sosial di tengah-tengah masyarakat Indonesia, yang dilakukan oleh kolonial Belanda,” ujar Ki Irwandi. 

Kemudian, lanjut Ki Irwandi, Perguruan Taman Siswa Padang didirikan pada Agustus 1957 dengan membuka SD, SMP dan SMU. Dan, pada tahun 1982 berdiri Akademi Pertanian dan Peternakan (Apertana), yang selanjutnya pada 1987 status Apertana Taman Siswa ditingkatkan menjadi Universitas Taman Siswa (Unitas) Padang.

Saat ini di Unitas ada 4 fakultas, yaitu; Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, serta Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan, dengan 12 program studi S1 dan S2. 

Mengenai Ki Leonardy Harmainy, disampaikan Ki Irwandi bahwa komitmennya terhadap pendidikan tidak diragukan lagi. Dan ini senafas dengan visi Taman Siswa. “Dan pada saat acara wisuda Unitas, Ki Leonardy selalu hadir,” tutur Ki Irwandi, yang sudah lama kenal dengan Ki Leonardy semenjak sama-sama di Gapensi dan Partai Golkar.

Dengan majunya lagi Ki Leonardy ke DPD RI untuk periode 2024-2029, dimana akan dilakukan PSU (Pemilihan Suara Ulang) DPD RI Dapil Sumbar pada 13 Juli ini, Ki Irwandi menegaskan bahwa Ki Leonardy itu layak untuk diperjuangkan.

Karena Ki Leonardy itu merupakan bagian dari Taman Siswa, maka Ki Irwandi berharap semua komponen Perguruan Taman Siswa Padang bisa memilih H Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa, SIP, MH dengan Nomor Urut 10 di PSU.

Ditambahkan Ki Irwandi, Belanda menerapkan sistem pendidikan bertingkat sesuai dengan strata sosial masyarakat Indonesia. Dan pendirian Taman Siswa pada tanggal 3 Juli 1922 merupakan bentuk perlawanan Ki Hadjar Dewantara terhadap diskriminasi pendidikan yang diterapkan oleh pemerintah kolonial Belanda.


#rls




 
Top