Padang(SUMBAR)Padang Terkini-Komunitas Pemerhati Sumbar/KAPAS mencoba mengupas otobiografi H. Leonardy Dt. Bandaro Basa S.IP. MH khusus  perjalanan politiknya dimulai sebagai anggota DPRD Sumbar hingga ketua BK DPD RI.   di Daima hotel Rabu, (10/7). 

Ketua KAPAS Sumbar Isa Kurniawan  mengangkat tema Pengabdian Tak Bertepi seorang Leonardy Harmainy.. Direspon oleh Akademisi, Aktifis Okp, politisi, budayawan dan seniman Sumbar untuk menjadikan sosoknya  menjadi contoh tauladan bagi generasi muda.

Kegiatan ini kita gelar dengan menghadirkan tokoh-tokoh Sumatera Barat untuk mengupas sosok Leornady Harmainy, seperti Tarma Sartima (Dekan Fisipol Unes), Syafruddin Arifin (Penyair), Firdaus Ilyas (Waketum PB Lemkari), Nisfan Jumadil (Waka I MPW Pemuda Pancasila) dan Fajar Rusvan (Biografis/Penulis," kata Isa Kurniawan.

Dikatakan Isa Kurniawan, selain diskusi, acara tersebut diisi dengan pembacaan puisi oleh para penyair, seperti DR. Adria C Tamsin yang membacakan pusi Hamid Jabar dengan judul "Komputer  Teller"

"Kita sengaja memberikan warna yang berbeda pada kegiatan ini, tak hanya pandangan para tokoh tentang Leonardy Harmainy, tetapi juga pembacaan puisi kritis oleh para penyair," jelas Isa Kurniawan.

Sementara itu, Ketua Perti Sumbar Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin, M. Pd., yang juga Rektor Unes Padang melihat sosok Leonardy Harmainy sebagai politisi ninik mamak, aktivis dan pengusaha.

"Leonardy Harmainy sosok politisi ninik mamak karena dia seorang pemangku adat, seorang datuk. Dia aktifis karena pernah memimpin beberapa ormas, seperti Pemuda Pancasila. Sebagai pengusaha dia terbilang sukses," katanya.

Leonardy Harmainy memulai karir politik sebagai anggota MPR RI utusan Sumbar (1999), Ketua DPD Partai Golkar Sumbar (2001-2009), Ketua DPRD Sumbar (2004-2009), dan Wakil Ketua DPRD Sumbar (2009-2014).

Pada 2014, Leonardy Harmainy menjadi calon anggota DPD RI, namun belum beruntung karena hanya menempati peraih suara ke-5 terbanyak.

Meski demikian, pada tahun 2017, ia menggantikan Irman Gusman di DPD RI, karena Irman Gusman tersangkut kasus korupsi.

Pada pemilu 2019, Leonardy Harmainy maju lagi jadi calon DPD RI dapil Sumbar dan berhasil meraih posisi ke-4 dengan jumlah suara 199.027, sehingga kembali berkiprah di DPD RI untuk periode 2019-2024. 

Hingga saat ini, Leonardy Harmainy dipercaya sebagai Ketua Badan Kehormatan (BK) DPD RI dan pada PSU DPD RI asal Sumbar yang akan digelar pada Sabtu, 13 Juli 2024 mendatang, nasib Leonardy Harmainy kembali ditentukan oleh pemilih untuk kembali duduk di DPD RI. 

Pada intinya, para pembicara dalam diskusi tersebut menyampaikan panjang lebar soal ketokohan Leonardy Harmainy.

Agar generasi muda dapat melihat kiprah tokoh asal Sumbar ini sebagai panutan bagi generasi muda Minangkabau.


#rls

 
Top