Padang(SUMBAR)Padang Terkini-Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat mengadakan kegiatan Workshop. 

Penghitungan Angka Konsumsi Ikan Masyarakat di Hotel Axana Kota Padang.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat Dr.Ir. Reti Wafda, M. TpTp,  yang didampingi oleh Kabid PDSKP Luthfi, S. Pi,  M. Si. 

Dalam sambutannya Kepala Dinas berpesan untuk mengedepankan profesionalitas dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan sehingga data yang dihasilkan sesuai dengan yang ada dilapangan.


Peserta dari kegiatan ini merupakan petugas yang diberikan tanggung jawab oleh Kab/Kota sebagai Petugas yang melaksanakan dan menghitung angka konsumsi ikan pada kab/kota se Sumatera Barat. Adapun narasumber yang dihadirkan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Dosen Ahli Universitas Eka Sakti. 


Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat mengadakan kegiatan Workshop Penghitungan Angka Konsumsi Ikan (AKI) Tahun 2024.

Angka Konsumsi Ikan (AKI) merupakan indikator kinerja utama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat. Untuk bisa tercapainya target IKU  tersebut diperlukan metode untuk dapat menghitung capaian angka konsumsi ikan provinsi. Untuk menghasilkan Angka Kunsumsi Ikan Provinsi Sumatera Barat tahun 2023 Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat melalui Bidang Peningkatan Daya Saing Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan Workshop Penghitungan Angka Kunsumsi Ikan Tahun 2024

Kegiatan ini dilaksanakan pada Periode Bulanan pada hari Selasa tanggal 25 Juni 2024 di Hotel Axana dengan peserta petugas enumerator AKI Kab/Kota Se Sumatera Barat. 

Seperti diketahui, gelaran Workshop ini dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar yang juga berpesan, untuk mengumpulkan data betul betul harus akurat dan sesuai dengan data yang diambil dilapangan, data tersebut akan di gunakan dan dipublikasikan karena merupakan salah satu IKU dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat. Berharap dengan Workshop Penghitungan angka konsumsi Ikan periode bulanan dengan menggunakan fitur/Tool Neng Geulis (Network Engine by Google Servise) ini akan dapat memudahkan para Petugas AKI untuk menghitung Angka Konsumsi Ikan di Daerah mereka masing masing dan dapat dipertanggung jawab hasilnya dilapangan. Selanjutnya Luthfi, S.Pi.M.Si Kabid PDSKP Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat mengatakan bahwa pada Workshop Penghitungan Angka Kunsumsi Ikan Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2024 ini narasumbernya adalah Gosyen Sitanggang, M.Si yang didatangkan dari Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dan Ir. Gusriati, M.Si Dosen Ahli Universitas Eka Sakti. 


lebih lanjut Luthfi, S.Pi.M.Si Kepala Bidang PDSKP mengatakan bahwa metode penghitungan Angka Kunsumsi Ikan bahwa Total Konsumsi Ikan merupakan penjumlahan konsumsi ikan/udang segar, konsumsi ikan/udang asin/awetan dan konsumsi ikan dalam kelompok makanan jadi yang sudah dikonversikan setara ikan utuh segar. Realisasi Angka konsumsi ikan provinsi Sumatra Barat tahun 2023 adalah 43,08 kg/kapita/tahun dari target 40,52 kg/kapita/tahun, sedangkan angka konsumsi ikan nasional tahun 2023 adalah 60,00 kg/kapita/tahun dari target 60,02 kg/kapita/tahun. Untuk mendukung kenaikan angka konsumsi ikan di Provinsi Sumatera Barat tahun 2024 ini Dinas Kelautan dan Perikanan melalui Bidang PDSKP melakukan kegiatan Gerakan Memasyarakat Makan Ikan (Gemarikan) melalui :

1. Sosialisasi kepada masyarakat tentang manfaat makan ikan dan sekaligus mengajak masyarakat untuk makan ikan ke 19 kab/kota

2. Pemberian paket olahan ikan ke daerah stunting

3. Melaksanakan lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Sumatera Barat dan mengikuti lomba masak serba ikan tingkat nasional 

4. Melaksanakan bazar gemarikan dengan menampilkan hasil olahan ikan kelompok binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat 

5. Melaksanakan peringatan hari makan ikan tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Luthfi berharap Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan workshop AKI ini dapat memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat dan pemerintah kab/kota sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil kebijakan kedepan terkait Peningkatan Angka Konsumsi ikan.             

Lebih lanjut, Manfaat dengan Penghitungan Angka Konsumsi Ikan Periode Bulanan dengan Tools Neng Geulis untuk dapat lebih memudahkan penghitungan angka konsumsi ikan bulan pada daerah yang kita hitung menggunakan pendataan ke masyarakat  dengan menggunakan Kusioner dan hasilnya dimasukkan dalam Tools Neng Geulis, maka hasilnya langsung keluar dan AKI bulan pada setiap Kab/Kota di Sumatera Barat dapat dilihat.  

Tinggi Rendahnya Angka Konsumsi Ikan di daerah tersebut akan  berdampak pada peningkatan presentase angka konsumsi ikan tingkat Sumatera Barat. Dengan meningkatnya angka konsumsi ikan diharapkan dapat menekan angka stunting di Sumatera Barat. 



#rls

 
Top