Kegiatan Penyuluhan Pemeriksaan Kesehatan Ibu Hamil dr. Ermawati Sp. OG (K) di Lubuk Begalung

Padang(SUMBAR) Padang Terkini- Perjuangan dan pengabdian dr. Ermawati, Sp. OG (K) dalam dunia medis tidak diragukan lagi. Ilmu Spesialisnya digaunakan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masayarakat yang membutuhkan sesuai dengan harapannya 'Sumatera Barat Sehat Mandiri dan Berdaya Saing. 

Dalam penyuluhan ini, betapa pentingnya, Keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB)  Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, dan pemeriksaan USG serta Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap sehingga Bayi mendapat air susu ibu (ASI) eksklusif. 


Dalam penyuluhannya, dr. Ermawati menjelaskan Dalam rangka kegiatan pemeriksaan kesehatan USG terhadap ibu Hamil dapat secaran langsung menurunkan angkan kematian ibu dan kematian bayi, upaya yang dilakukan Kementerian Kesehatan adalah dengan memastikan bahwa setiap ibu memiliki akses dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas, yang meliputi pelayanan kesehatan ibu hamil, pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan terlatih, perawatan masa nifas bagi ibu dan bayi, perawatan khusus dan rujukan apabila terdapat komplikasi, serta pelayanan KB.


Adapun, upaya bagi kesehatan ibu meliputi :

  1. Pelayanan kesehatan ibu hamil
  2. Pelayanan imunisasi tetanus bagi wanita usia subur dan ibu hamil
  3. Pemberian tablet tambah darah
  4. Pelayanan kesehatan ibu bersalin
  5. Pelayanan kesehatan ibu nifas
  6. Penyelenggaraan kelas ibu hamil
  7. Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K),
  8. Pelayanan KB
  9. Pemeriksaan HIV dan Hepatitis B
Kegiatan Penyuluhan Pemeriksaan Kesehatan Ibu Hamil di Kecamatan Lubuk Minturun 


Sedangkan menurut Permenkes Nomor 25 Tahun 2014, upaya kesehatan anak dapat dilakukan melalui :

  1. Pelayanan kesehatan janin dalam kandungan
  2. Kesehatan bayi baru lahir
  3. Kesehatan bayi, balita, anak prasekolah
  4. Kesehatan anak usia sekolah dan remaja
  5. Perlindungan kesehatan anak
Lebih lanjut, Ermawati menambahkan, Selain peran dari pemerintah dan tenaga kesehatan terkait, peran keluarga sangatlah penting dalam menurunkan angka kematian ibuI dan angka kematian bayi,serta penurunan angka Stunting Peran dari keluarga dapat dilakukan melalui pendekatan keluarga. Pelaksanaan pendekatan keluarga ini memiliki tiga hal yang harus diadakan atau dikembangkan, yaitu instrumen yang digunakan di tingkat keluarga, forum komunikasi yang dikembangkan untuk kontak dengan keluarga, dan keterlibatan tenaga dari masyarakat sebagai mitra Puskesmas termasuk Klinik, kata dr. Ermawati Sp. OG (K) yang juga Ketua Asosiasi Klinik Sumbar ini mengakhiri.


#boy

 
Top