Pesatnya kemajuan dan perkembangan di dunia seiring dengan ilmu teknologi, membuat kelompok organisasi semakin banyak dan mewabah, apalagi dengan adanya berbagai macam aplikasi komunikasi media sosial yang semakin maju.

Pemimpin Boss adalah seorang pemimpin yang dipilih karena kemampuan finansialnya, diharapkan akan mampu memberikan donasi atau sumbangan kepada organisasi yang dipimpinnya. Dengan diangkatnya sebagai pemimpin, para pemilihnya berharap bahwa Boss yang dijadikan pemimpin akan bisa memperbaiki organisasi yang dipimpinnya karena kekuatan keuangannya dan bahkan diharapkan bisa memberikan bantuan kepada bawahannya.

Pemimpin yang sesungguhnya adalah yang punya intergritas dan kredible, mengakui mempunyai bawahan, mengakui bahwa dia diangkat berdasarkan kepercayaan dari bawahannya untuk memimpin orang-orang yang berada dalam organisasi tersebut. Karena sang pemimpin mengakui punya bawahan, maka akan selalu mudah menerima masukan dan kritik. Konsolidasi organisasinya akan lebih kuat.

Pemimpin Boss jelas memahami bahwa dia dipilih karena kekuatan finansialnya, dengan terpaksa selalu mempergunakan kekuatan finansial dalam menggerakan organisasi dan bawahannya. Biasanya pasukan angkat telor akan banyak dalam organisasi, karena bersaing demi uang. Konsolidasi Organisasinya akan lemah.

Pemimpin yang punya integritas tentu akan berumur panjang dan punya hubungan yang harmonis dengan bawahannya,  walau jabatannya berakhir, sang pemimpin selalu baik dalam bersilahturahim dengan mantan bawahannya.

Pemimpin Boss biasanya ditinggal bawahannya saat kekuatan keuangannya menipis.


Sam Salam

Kadin Sumbar

 
Top